Saturday, November 11, 2017

PT. Gojek

Struktur Organisasi PT. Gojek
Struktur Organisasi Pusat

Struktur Organisasi Regional


Top Management
Manajemen Puncak terdiri atas kelompok yang relative kecil, yang bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi. Dikatakan top majager karena mereka berada dipuncak tingkat Manajerial. Mereka adalah orang-orang yang memegang jabatan tinggi dalam suatu organisasi, mereka bertanggung jawab secara menyeluruh terhadap Manajemen organisasi yang bersangkutan.
Tugas atau peranannya adalah menetapkan kebijakan operasional dan mengarahkan organisasi dalam berinteraksi dengan lingkungannya baik mikro maupun makro.
1.        Direktur Utama
-          Memutuskan dan menentukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan.
-          Bertanggungjawab dalam memimpin dan menjalankan perusahaan.
-          Bertanggung Jawab atas keuntungan dan juga kerugian yang dialami perusahaan.
-          Merencanakan serta mengembangkan sember-sumber pendapatan dan pembelanjaan kekayaan perusahaan.
-          Menentukan Strategi untuk mencapai Visi-Misi perusahaan.
-          Mengkoordinasi dan mengawasi semua kegiatan perusahaan mulai bidang administrasi, kepegawaian hingga pengadaan barang.
2.        Wakil Direktur
-          Membantu Semua Tugas Direktur Utama yang merupakan wakil di masing-masing area.
Middle Management
Manajemen Menengah mencakup lebih dari satu tingkatan didalam organisasi. Manager menengah mengarahkan kegiatan manager lain, juga mengarahkan kegiatan-kegiatan yang melaksanakan kebijakan organisasi
1.      Manajer IT
-          Mengembangkan dan menyusun strategi dan rencana IT Go-jek dalam hal mempermudah pekerjaan dan dalam pelayanan kepada pelanggan.
-          Mengkoordinir dan mengelola pendayagunaan software, hardware, Brainware dan jaringan di bidang TIK untuk mencapai kinerja optimum Go-Jek Indonesia.
-          Mengelola layanan perancangan sistem kompterisasi dan progam aplikasi perangkat yang terintegrasi.
-          Menyediakan data-data yang diperlukan oleh Bagian lain yang menyangkut IT
2.      Manajer Karyawan Front Office & Pemasaran
-          Melatih, menetapkan, melatih dan mengevaluasi karyawan front office.
-          Memastikan bahwasaanya karyawan mengetahui sistem komputerisasi, etika menerika keluahan secara langsung atau via telephon dan strandar operasional Gojek.
-          Menangani keluahan pelanggan yang tidak   bisa di selesaikan bawahannya.
-          Membuat laporan daftar pelanggan.
-          Menjaga kedisiplinan petugas kantor dengan memberikan sanksi dan peringatan bagi yang melanggar.
-          Merencanakan dan menetapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pemasaran.
3.      Manajer Keuangan
-          Mengkoordinasi perencanaan anggaran.
-          Mengembangkan format pengajuan danpertanggungjawaban keuangan.
-          Mengkoordinasi pelaksanaan audit.
-          Melakukan sistem pencatatan keuangan.
-          Bertanggungjawab terhadap wakil direktur.
-          Merencanakan mengendalikan dan membuat keputusan atas semua aktivitas akuntansi.
-          Menerima laporan arus kas keluar dan masuk ke perusahaan.
4.      Manajer Ojek
-          Membuat kelompok-kelompok tukang ojek.
-          Mengkoornir semua karyawan tukang ojek.
-          Selalu melakukan pengontrolan di setiap lini pangkalan Go-jek.
-          Bertanggung jawab kepada wakil Direktur   atas Semua Karyawan Tukang Ojek.
Low Management
Manajemen Lini tingkatan yang paling rendah dalam suatu organisasi, dimana seorang yang bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain.
Karyawan:
1.      Bidang Programming
-          Melaksanakan semua pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer IT di bidang Programming.
-          Bertanggungjawab mengenai progam kepada manajer IT.
2.      Bidang Web
-          Melaksanakan semua pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer IT di bidang Web.
-          Bertanggungjawab mengenai progam kepada manajer IT.
3.      Front Office (CS, Administrasi & Pemasaran)
-          Melaksanakan Semua pekerjaan Front Office yang ditetapkan oleh Manajer Front office dan administrasi.
-          Bertanggung Jawab Kepada Manajer Front office dan administrasi
4.      Tukang Ojek
-          Melaksanakan Semua Pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer Bagian Ojek.
-          Mengantarkan penumpang dan pesanan sesuai dengan waktu ditetapkan dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
-          Bertanggung jawab kepada atasannya.
                                                                                           
Sistem Penggajian Go-Jek

            Jelas driver gojek dapat mengantongi menghasilkan hingga Rp 7,5 juta - Rp 9 juta perbulan. Karna perusahaan gojek menerapkan sistem bagi hasil yang penghasilan drivernya tersebut terantung dari giat atau tidaknya. Semakin banyak pelanggan yang diantarkan ketempat tujuan maka akan semakin banyak penghasilan yang ia peroleh dan bonus yang diberikan oleh kantor.

        Sehari paling tidak dapat Rp 100 ribu jadi sebulan bisa dapat Rp 3 juta dan belum dipangkas uang bensin. Untuk meningkatkan giat driver mengambil pelanggan, perusahaan Gojek juga memberikan perlakuan khusus bagi drivernya. Salah satu caranya dengan memberikan reward bagi mereka yang sering membawa pelanggan.

     Sistem bagi hasil Gojek dinilai cukup menguntungkan. Karena selain mendapat penghasilan yang cukup besar dari jam waktu yang tidak terikat, driver gojek juga mendapat bonus serta mendapat jaminan asuransi kecelakaan.

            Gojek  memang tidak menerapkan gaji pokok untuk drivernya namun kantor menerapkan sistem bagi hasil , jadi semua dibayar dengan bagi hasil perolehan keuntungan. 80 persen untuk tukang ojek dan 20 persen untuk Gojek. Misalnya driver mendapat keuntungan 200.000 sehari maka 160.000 untuk driver dan 40.000 untuk pihak kantor. Selain itu mendapat bonus kalau dalam satu hari bawa pelanggan 10 kali jauh dekat dapat tambahan Rp100 ribu untuk memotivasi karyawannya, ditambah lagi jaminan asuransi kecelakaan. Tak heran dengan sistem seperti ini rata-rata driver go-jek mendapatkan penghasilan sebesar Rp200 ribu- Rp500 ribu perhari atau kisaran 3 juta- 9 juta perbulan.

Deskripsi PT.Go-Jek

PT. Gojek Indonesia (Go-jek), pertama kali didirikan oleh Nadiem Makarim pada
tahun 2010. Go-Jek adalah perusahaan berjiwa sosial yang memimpin revolusi industri transportasi Ojek. Go-Jek bermitra dengan para pengendara Ojek berpengalaman di Jakarta, Bandung, Bali & Surabaya dan menjadi solusi utama dalam pengiriman barang, pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan. Tukang ojek yang bernaung di GoJek juga sudah mencapai 7.500 driver di area Jabodetabek saja.

Dengan perkembangannya yang pesat ini, kabarnya Go-Jek telah menuai prestasi sebagai Juara 1 dalam kompetisi bisnis Gobal Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) di Bali. Selain itu, Go-Jek telah memperoleh berbagai penghargaan dari komunitas bisnis maupun sosial. Di situs resminya disebutkan Go-Jek memberikan layanan jasa kurir (90 minute delivery anywhere in the city), Jasa transportasi (transparent pricing, free shower cap and masker), Jasa delivery makanan (delivering your favorite food under 60 minutes in Jabodetabek) dan Jasa belanja dengan nominal dibawah 1 juta rupiah (shop for food, ticket,
medicine, anything under RP 1.000.000. we`ll pay for it first).

Go-Jek dapat dipesan melalui Go-Jek App yang bisa diunduh melalui Play Store
maupun App store. Dalam waktu 1 bulan aplikasi ini sudah berhasil mencapai 150 ribu download, dengan rating 4,4 dari 5 bintang. Untuk pembayarannya pun memiliki 2 cara yaitu cash atau menggunakan Go-Jek Credit. Go-Jek Credit adalah metode pembayaran GO-Jek yang dibuat cashless dan dapat digunakan untuk membayar semua layanan. Hingga bulan Juni 2015, aplikasi GO-JEK sudah diunduh sebanyak 400 ribu kali di Google Play pada sistem operasi Android.

Spesifikasi Tugas PT.Go-Jek

1. GO-RIDE
Pada layanan GO-RIDE, Anda akan mengantarkan Pelanggan dari tempat penjemputan ke tempat tujuan. GO-RIDE adalah solusi transportasi masa kini yang memberikan kecepatan dan kemudahan pemesanan, penentuan destinasi yang mudah, dan yang terpenting, keamanan dan kenyamanan. Pelanggan akan memasukkan tempat penjemputan dan tujuan mereka ke dalam aplikasi ketika memesan layanan GO-RIDE. Jarak maksimum layanan GO-RIDE adalah 25 km.
2. GO-FOOD
GO-FOOD adalah layanan pesan antar makanan terbesar di Indonesia dengan lebih dari 75.000 restoran yang terdaftar di aplikasi GO-JEK. Pada layanan GO-FOOD, Anda akan membelikan makanan yang dipesan oleh Pelanggan dan mengantarkannya ke lokasi Pelanggan sesuai dengan keterangan di aplikasi.

3. GO-SEND
Pada layanan ini, Anda akan mengantarkan barang kepada Pelanggan sesuai dengan pemesanan di aplikasi. Anda hanya dapat mengantarkan barang pada 1 area yang sama dengan maksimal berat barang yang diantar yaitu 20 kg. Jika Anda Driver untuk area Jabodetabek, maka Anda dapat mengantarkan barang yang masih di dalam area Jabodetabek dengan berat barang maksimal 20 kg. 

4. GO-MART
GO-MART adalah layanan belanja instan untuk membeli barang dari berbagai macam toko yang telah tersedia di aplikasi. Pada layanan GO-MART, Anda akan membelikan dan mengantarkan barang kepada Pelanggan sesuai dengan yang Pelanggan pesan di aplikasi. Pengantaran GO-MART hanya dapat dilakukan pada 1 area yang sama.

5. GO-SHOP
GO-SHOP adalah layanan belanja yang memudahkan Pelanggan untuk membeli barang apapun dan di toko manapun dalam 1 area yang sama. Pada layanan GO-SHOP, Anda akan membelikan dan mengantarkan barang pesanan Pelanggan. Lokasi pembelian dan pengantaran sesuai dengan yang tertera pada pemesanan Pelanggan di aplikasi. Maksimal jarak pengantaran dari tempat belanja ke lokasi Pelanggan yaitu 25 km.

6. GO-MED
GO-MED merupakan layanan untuk Pelanggan yang ingin membeli obat, vitamin, dan kebutuhan kesehatan lainnya di apotek berlisensi yang sudah tersedia di layanan GO-MED. Pada layanan GO-MED, Anda akan membelikan dan mengantarkan obat–obatan atau kebutuhan kesehatan lainnya kepada Pelanggan, sesuai dengan pemesanan Pelanggan di aplikasi.

7. GO-BUSWAY
GO-BUSWAY adalah layanan yang membantu Pelanggan untuk melihat jadwal layanan bus TransJakarta. Pada layanan ini Anda akan mengantarkan pelanggan dari tempat penjemputan ke halte TransJakarta pilihan pelanggan menggunakan layanan GO-RIDE. GO-BUSWAY hanya tersedia di Jakarta.












Abdul Malik (50414036)
Muchamad Ardiansyah (56414852)
Muhammad Fauzan Akbar (57414241)
Sumber:


No comments:

Post a Comment