Struktur Organisasi PT. Gojek
Struktur Organisasi Pusat
Struktur Organisasi Regional
Top Management
Manajemen
Puncak terdiri atas kelompok yang relative kecil, yang bertanggung jawab atas
manajemen keseluruhan dari organisasi. Dikatakan top majager karena mereka
berada dipuncak tingkat Manajerial. Mereka adalah orang-orang yang memegang
jabatan tinggi dalam suatu organisasi, mereka bertanggung jawab secara
menyeluruh terhadap Manajemen organisasi yang bersangkutan.
Tugas
atau peranannya adalah menetapkan kebijakan operasional dan mengarahkan
organisasi dalam berinteraksi dengan lingkungannya baik mikro maupun makro.
1.
Direktur Utama
-
Memutuskan dan
menentukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan.
-
Bertanggungjawab
dalam memimpin dan menjalankan perusahaan.
-
Bertanggung Jawab
atas keuntungan dan juga kerugian yang dialami perusahaan.
-
Merencanakan serta
mengembangkan sember-sumber pendapatan dan pembelanjaan kekayaan perusahaan.
-
Menentukan
Strategi untuk mencapai Visi-Misi perusahaan.
-
Mengkoordinasi dan
mengawasi semua kegiatan perusahaan mulai bidang administrasi, kepegawaian
hingga pengadaan barang.
2.
Wakil Direktur
-
Membantu Semua
Tugas Direktur Utama yang merupakan wakil di masing-masing area.
Middle
Management
Manajemen
Menengah mencakup lebih dari satu tingkatan didalam organisasi. Manager
menengah mengarahkan kegiatan manager lain, juga mengarahkan kegiatan-kegiatan
yang melaksanakan kebijakan organisasi
1.
Manajer IT
-
Mengembangkan dan
menyusun strategi dan rencana IT Go-jek dalam hal mempermudah pekerjaan dan
dalam pelayanan kepada pelanggan.
-
Mengkoordinir dan
mengelola pendayagunaan software, hardware, Brainware dan jaringan di bidang
TIK untuk mencapai kinerja optimum Go-Jek Indonesia.
-
Mengelola layanan
perancangan sistem kompterisasi dan progam aplikasi perangkat yang
terintegrasi.
-
Menyediakan
data-data yang diperlukan oleh Bagian lain yang menyangkut IT
2.
Manajer Karyawan
Front Office & Pemasaran
-
Melatih,
menetapkan, melatih dan mengevaluasi karyawan front office.
-
Memastikan
bahwasaanya karyawan mengetahui sistem komputerisasi, etika menerika keluahan
secara langsung atau via telephon dan strandar operasional Gojek.
-
Menangani keluahan
pelanggan yang tidak bisa di selesaikan bawahannya.
-
Membuat laporan
daftar pelanggan.
-
Menjaga
kedisiplinan petugas kantor dengan memberikan sanksi dan peringatan bagi yang
melanggar.
-
Merencanakan dan
menetapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pemasaran.
3.
Manajer Keuangan
-
Mengkoordinasi
perencanaan anggaran.
-
Mengembangkan
format pengajuan danpertanggungjawaban keuangan.
-
Mengkoordinasi
pelaksanaan audit.
-
Melakukan sistem
pencatatan keuangan.
-
Bertanggungjawab
terhadap wakil direktur.
-
Merencanakan
mengendalikan dan membuat keputusan atas semua aktivitas akuntansi.
-
Menerima laporan
arus kas keluar dan masuk ke perusahaan.
4.
Manajer Ojek
-
Membuat
kelompok-kelompok tukang ojek.
-
Mengkoornir semua
karyawan tukang ojek.
-
Selalu melakukan
pengontrolan di setiap lini pangkalan Go-jek.
-
Bertanggung jawab
kepada wakil Direktur atas Semua Karyawan Tukang Ojek.
Low
Management
Manajemen
Lini tingkatan yang paling rendah dalam suatu organisasi, dimana seorang yang
bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain.
Karyawan:
1. Bidang Programming
-
Melaksanakan semua
pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer IT di bidang Programming.
-
Bertanggungjawab
mengenai progam kepada manajer IT.
2. Bidang Web
-
Melaksanakan semua
pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer IT di bidang Web.
-
Bertanggungjawab
mengenai progam kepada manajer IT.
3. Front Office (CS, Administrasi & Pemasaran)
-
Melaksanakan Semua
pekerjaan Front Office yang ditetapkan oleh Manajer Front office dan
administrasi.
-
Bertanggung Jawab
Kepada Manajer Front office dan administrasi
4. Tukang Ojek
-
Melaksanakan Semua
Pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer Bagian Ojek.
-
Mengantarkan
penumpang dan pesanan sesuai dengan waktu ditetapkan dan menjaga hubungan baik
dengan pelanggan.
-
Bertanggung jawab
kepada atasannya.
Sistem Penggajian Go-Jek
Jelas driver gojek dapat mengantongi menghasilkan hingga Rp
7,5 juta - Rp 9 juta perbulan. Karna perusahaan gojek menerapkan sistem bagi
hasil yang penghasilan drivernya tersebut terantung dari giat atau tidaknya.
Semakin banyak pelanggan yang diantarkan ketempat tujuan maka akan semakin
banyak penghasilan yang ia peroleh dan bonus yang diberikan oleh kantor.
Sehari paling tidak dapat Rp 100 ribu jadi sebulan bisa dapat Rp
3 juta dan belum dipangkas uang bensin. Untuk meningkatkan giat driver mengambil
pelanggan, perusahaan Gojek juga memberikan perlakuan khusus bagi drivernya.
Salah satu caranya dengan memberikan reward bagi mereka yang sering membawa
pelanggan.
Sistem bagi hasil Gojek dinilai cukup menguntungkan. Karena selain mendapat penghasilan
yang cukup besar dari jam waktu yang tidak terikat, driver gojek juga mendapat
bonus serta mendapat jaminan asuransi kecelakaan.
Gojek memang tidak menerapkan gaji pokok untuk drivernya namun kantor menerapkan sistem bagi hasil , jadi semua dibayar dengan bagi hasil perolehan keuntungan. 80 persen untuk tukang ojek dan 20 persen untuk Gojek. Misalnya driver mendapat keuntungan 200.000 sehari maka 160.000 untuk driver dan 40.000 untuk pihak kantor. Selain itu mendapat bonus kalau dalam satu hari bawa pelanggan 10 kali jauh dekat dapat tambahan Rp100 ribu untuk memotivasi karyawannya, ditambah lagi jaminan asuransi kecelakaan. Tak heran dengan sistem seperti ini rata-rata driver go-jek mendapatkan penghasilan sebesar Rp200 ribu- Rp500 ribu perhari atau kisaran 3 juta- 9 juta perbulan.
Deskripsi PT.Go-Jek
PT. Gojek Indonesia (Go-jek), pertama kali didirikan oleh
Nadiem Makarim pada
tahun 2010.
Go-Jek adalah perusahaan berjiwa sosial yang memimpin revolusi industri
transportasi Ojek. Go-Jek bermitra dengan para pengendara Ojek berpengalaman di
Jakarta, Bandung, Bali & Surabaya dan menjadi solusi utama dalam pengiriman
barang, pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan.
Tukang ojek yang bernaung di GoJek juga sudah mencapai 7.500 driver di area
Jabodetabek saja.
Dengan perkembangannya yang pesat ini, kabarnya Go-Jek telah
menuai prestasi sebagai Juara 1 dalam kompetisi bisnis Gobal Entrepreneurship
Program Indonesia (GEPI) di Bali. Selain itu, Go-Jek telah memperoleh berbagai
penghargaan dari komunitas bisnis maupun sosial. Di situs resminya disebutkan
Go-Jek memberikan layanan jasa kurir (90 minute delivery anywhere in the city),
Jasa transportasi (transparent pricing, free shower cap and masker), Jasa
delivery makanan (delivering your favorite food under 60 minutes in
Jabodetabek) dan Jasa belanja dengan nominal dibawah 1 juta rupiah (shop for
food, ticket,
medicine,
anything under RP 1.000.000. we`ll pay for it first).
Go-Jek dapat dipesan melalui Go-Jek App yang bisa diunduh
melalui Play Store
maupun App
store. Dalam waktu 1 bulan aplikasi ini sudah berhasil mencapai 150 ribu
download, dengan rating 4,4 dari 5 bintang. Untuk pembayarannya pun memiliki 2
cara yaitu cash atau menggunakan Go-Jek Credit. Go-Jek Credit adalah metode
pembayaran GO-Jek yang dibuat cashless dan dapat digunakan untuk membayar semua
layanan. Hingga bulan Juni 2015, aplikasi GO-JEK sudah diunduh sebanyak 400
ribu kali di Google Play pada sistem operasi Android.
Spesifikasi Tugas PT.Go-Jek
1. GO-RIDE
Pada layanan GO-RIDE, Anda akan mengantarkan Pelanggan
dari tempat penjemputan ke tempat tujuan. GO-RIDE adalah solusi transportasi
masa kini yang memberikan kecepatan dan kemudahan pemesanan, penentuan
destinasi yang mudah, dan yang terpenting, keamanan dan kenyamanan. Pelanggan
akan memasukkan tempat penjemputan dan tujuan mereka ke dalam aplikasi ketika
memesan layanan GO-RIDE. Jarak maksimum layanan GO-RIDE adalah 25 km.
2. GO-FOOD
GO-FOOD adalah layanan pesan antar makanan terbesar di
Indonesia dengan lebih dari 75.000 restoran yang terdaftar di aplikasi GO-JEK.
Pada layanan GO-FOOD, Anda akan membelikan makanan yang dipesan oleh Pelanggan
dan mengantarkannya ke lokasi Pelanggan sesuai dengan keterangan di aplikasi.
3. GO-SEND
Pada layanan ini, Anda akan mengantarkan barang kepada
Pelanggan sesuai dengan pemesanan di aplikasi. Anda hanya dapat mengantarkan
barang pada 1 area yang sama dengan maksimal berat barang yang diantar yaitu 20
kg. Jika Anda Driver untuk area Jabodetabek, maka Anda dapat mengantarkan
barang yang masih di dalam area Jabodetabek dengan berat barang maksimal 20
kg.
4. GO-MART
GO-MART adalah layanan belanja instan untuk membeli
barang dari berbagai macam toko yang telah tersedia di aplikasi. Pada layanan
GO-MART, Anda akan membelikan dan mengantarkan barang kepada Pelanggan sesuai
dengan yang Pelanggan pesan di aplikasi. Pengantaran GO-MART hanya dapat
dilakukan pada 1 area yang sama.
5. GO-SHOP
GO-SHOP adalah layanan belanja yang memudahkan Pelanggan
untuk membeli barang apapun dan di toko manapun dalam 1 area yang sama. Pada
layanan GO-SHOP, Anda akan membelikan dan mengantarkan barang pesanan
Pelanggan. Lokasi pembelian dan pengantaran sesuai dengan yang tertera pada
pemesanan Pelanggan di aplikasi. Maksimal jarak pengantaran dari tempat belanja
ke lokasi Pelanggan yaitu 25 km.
6. GO-MED
GO-MED merupakan layanan untuk Pelanggan yang ingin
membeli obat, vitamin, dan kebutuhan kesehatan lainnya di apotek berlisensi
yang sudah tersedia di layanan GO-MED. Pada layanan GO-MED, Anda akan
membelikan dan mengantarkan obat–obatan atau kebutuhan kesehatan lainnya kepada
Pelanggan, sesuai dengan pemesanan Pelanggan di aplikasi.
7. GO-BUSWAY
GO-BUSWAY adalah layanan yang membantu Pelanggan
untuk melihat jadwal layanan bus TransJakarta. Pada layanan ini Anda akan
mengantarkan pelanggan dari tempat penjemputan ke halte TransJakarta pilihan
pelanggan menggunakan layanan GO-RIDE. GO-BUSWAY hanya tersedia di Jakarta.
Abdul Malik (50414036)
Muchamad Ardiansyah (56414852)
Muhammad Fauzan Akbar
(57414241)
Sumber:
No comments:
Post a Comment