Monday, May 29, 2017

Logic Game "Pac-Man"

Berikut adalah logic pada game "Pac-Man"

1. Menu
Pada gambar tersebut dapat dilihat menu awal dari game. Yaitu perintah atau panduan untuk memainkan game dan input dari user untuk memilih tingkat kesulitan yaitu Hard, Normal, Easy. Berikut logika pada tingkat kesulitan.


Dalam kode di atas jika user memilih tingkat kesulitan H atau Hard maka variable speedmod bernilai 1. Jika N maka bernilai 2. Jika E maka akan bernilai default yaitu 3.

2. Gameplay
Dalam game ini player adalah karakter H dan musuh adalah karakter H. Logika pada game ini musuh akan mengejar ke mana pun user bergerak sampai menyentuhnya dan user kalah. User bergerak menggunakan arah pada keyboard.

Dari gambar di atas terlihat perulangan while dengan parameter running. Kemudian VK_UP merupakan parameter untuk input dari user dari keyboard arah atas dengan logika jika ada makanan maka point ditambah dengan 1 dan y dikurang dengan 1. VK_LEFT x dikurang 1. VK_RIGHT x ditambah 1. VK_DOWN y ditambah 1. Kemudian variable x dan y tadi dilempar ke dalam fungsi gotoxy sebagai posisi akhirnya dan begitu terus selama game dijalankan. Dan variable ex dan ey adalah variable untuk AInya sendiri.

No comments:

Post a Comment