Sunday, March 20, 2016

Review W3Schools Online


Dengan adanya perkembangan teknologi internet yang maju,bisa kita manfaatkan untuk melakukan pembelajaran secara online. Di sini saya akan membahas pembelajaran online untuk situs http://www.w3schools.com/.




W3Schools adalah sebuah situs yang dibuat oleh Refsnes Data, sebuah perusahaan pengembang software Norwegia, yang bertujuan untuk memberikan tutorial bagaimana membuat situs yang sesuai dengan standar W3C dengan gratis. Refsnes sebenarnya adalah nama keluarga pemilik W3Schools. Mereka sekeluarga masing-masing membuat tutorial sesuai dengan kemampuan masing-masing. Tutorial yang ada di W3Schools sangatlah lengkap untuk seorang pemula. Tidak heran bila Anda dapat menemukan banyak buku yang mengutip dari situs ini. Terutama karena situs ini memberikan segala pelajarannya dengan cuma-cuma. Tidak hanya tutorial, W3Schools juga menyediakan banyak referensi, contoh, dan link-link yang berhubungan dengan membangun sebuah situs.


Kelebihan dan Kekurangan
seperti situs belajar online lainnya, w3school juga memiliki kelebihan dan kekurangan, diantaranya adalah :
  • Kelebihan : Website ini sangat lengkap, dan bisa di jadikan salah satu pilihan jika kita ingin mempelajaribahasa pemrograman secara Online, juga dilengkapi dengan banyak sekali contoh-contohsource code, sehingga membantu user dari level novice hingga advanced untuk mengertimateri yang di sajikan.
  • Kekurangan : Situs ini tidak memiliki manajemen user untuk bagian pembelajarannya, walaupun dibagian Forumnya ada. Kami belum mengerti maksud pihak developer dengan hal tersebut,tetapi karena tidak adanya manajemen user, sehingga user tidak mengetahui di level manadia berada dan tidak ada fasilitas untuk menyimpan progress yang telah kita lewati, adabagusnya jika dibuatkan sistem Experience Gained untuk setiap user. Jadi tiap user akanmendapatkan Exp jika berhasil menyelesaikan satu level materi.


Fungsi
website ini ditujukan untuk semua kalangan baik para pemula yang baru akan belajar web development maupun expert yang ingin mengasah dan meningkatkan skill di bidang ini. W3schools.com adalah singkatan dari World Wide Web School.

Ia memiliki tutorial yang sangat lengkap dan dilengkapi dengan editor online yang dapat menampilkan kode-kode eksperimen yang sedang kita buat secara realtime sehingga memudahkan kita dalam mempelajari bahasa pemrograman web. Situs ini menyediakan ribuan contoh kode juga referensi manual yang meliputi banyak aspek pemrograman web, termasuk teknologi seperti HTML, XHTML, CSS, XML, JavaScript, PHP, ASP, SQL, dll.

Fitur
beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi ini diantaranya adalah:

  • Try it editor : Yang menarik dari situs ini adalah ketika Anda ingin mempraktekkan pelajaran Anda dalam membuat halaman web, Anda tidak perlu repot mencari HTML editor, karena disediakan sebuah aplikasi web online dimana Anda dapat mengedit sekaligus melihat hasilnya dalam 1 halaman. Nama aplikasi ini adalah Tryit Editor. Hampir seperti Anda memiliki editor HTML yang terinstall di komputer Anda.
  • Certificate : Selain itu karena Website ini sudah dipercaya sehinggga web ini juga menyediakan test bagi mereka yang mau mendapatkan certificate standart daripada W3school.com. Tentu saja sertifikat yang diperoleh tidak main-main sudah berstandart international dan akan sangat mempengaruhi jenjang karir kita di dunia pemograman berbasis web.
  • Color picker : Fitur yang satu ini memiliki fungsi untuk mengambil nomor hexa dari warna yang kita inginkan, tentu saja ini sangat berguna bagi webmaster dalam mempercantik tampilan web yang sedang dibuat.

Sumber:

No comments:

Post a Comment